Pages

Sunday, October 20, 2013

Inventory IT Asset Management dengan OCS Inventory NG

OCS Inventory-Next Generation

Open Computer and Software Inventory Next Generation (OCS Invenrory NG) adalah sebuah aplikasi yang dirancang untuk membantu administrator jaringan untuk melacak konfigurasi komputer dan software yang terinstall pada jaringan komputer.


Dengan menggunakan OCS Inventory NG, maka dapat melakukan manajement hardware dan software secara terpusat. Hal ini dapat terjadi karena aplikasi OCS Inventory NG bersifat client-server, sehingga admin cukup mengakses informasinya dari OCS Inventory NG Server. Untuk melakukan komunikasi antara komputer klien dengan manajemen
server, OCS Inventory NG dibuat berbasiskan pada standar HTTP/HTTPS protokol, dan format data XML.

Manajement server OCS Inventory NG dapat berjalan di komputer yang menjalankan Apache/MySQL/PHP/PERL, baik di komputer yang menggunakan sistem operasi Linux maupun Windows. OCS Inventory NG juga dapat mendeteksi dan menampilkan informasi beragam hardware lain yang sedang aktif di dalam jaringan, seperti switch, router, network printer, dan sebagainya.


Tujuan :

-Membantu administrator jaringan untuk melacak konfigurasi komputer, software dan hardware yang diinstall pada tiap-tiap komputer.
-Menjaga kestabilan kinerja jaringan komputer dengan sistem perawatan berkala.


Dengan menggunakan software IT Asset Management, memungkinkan untuk memperoleh data inventori secara cepat dan terpusat, sehingga dapat menghemat waktu dalam pengerjaannya.
Beberapa kelebihan dalam menggunakan alternatif ini adalah sebagai berikut:

- Dapat menginventori software dan hardware secara otomatis yang terhubung dengan jaringan.
- Dapat memperoleh data inventori secara lengkap dan akurat.
- Bisa dapat berinteraksi langsung dengan administrator jika ada kerusakan pada komputer.





No comments:

Post a Comment