Pages

Thursday, February 13, 2014

Menonaktifkan akun Guest Session


Menonaktifkan akun Guest Session
Halo sahabat CB (Catatan Belajar) kali ini saya akan membagikan sebuah cara untuk mengaktif dan menonaktifkan akun Guest Session di Ubuntu, cukup mudah dan tidak ribet-ribet seperti tutorial lainnya. Sebenarnya ini merupakan pengalaman saya sendiri sih dan hasil pencarian di Google pula, terimakasih Google! :).
Akun Guest Session nampak pada saat kita login, nah layar login ditangani oleh display manager yang namanya LightDM, fungsi dari LightDM yang paling kentara terlihat ya saat layar login tadi tetapi sesungguhnya LightDM juga mengatur X servers dan fasilitas remote login yang menggunakan protokol XDMCP. Pada Ubuntu, LightDM mulai digunakan sebagai display manage bawaan sejak Ubuntu 11.10 (Oneric) sebagai pengganti GDM yaitu display manage sejak awal mula adanya sistem operasi Ubuntu.

Seperti teman-teman lihat pada gambar di samping, pada gambar tersebut terdapat akun Guest Session yang secara bawaan diaktifkan pada Ubuntu, secara umum akun tersebut bisa digunakan oleh siapa saya yang tidak memiliki akses langsung ke komputer yang bersangkutan. Jika kita bandingkan dengan sistem operasi Windows, malah sebaliknya akun Guest secara bawaan dinonaktifkan. Nah akun Guest Session ini yang akan kita nonaktifkan, bagaimana cara termudahnya?
Buka terminal dan ketikan perintah berikut untuk menonaktifkan akun Guest Session:

sudo /usr/lib/lightdm/lightdm-set-defaults --allow-guest false
Untuk mengaktifkan kembali ketikan perintah berikut di terminal:

sudo /usr/lib/lightdm/lightdm-set-defaults --allow-guest true
Nah mudah bukan? Setelah itu, silahkan logout atau restart komputer sahabat untuk melihat perubahannya. Oke selamat mencoba, semoga bermanfaat buat sahabat CB dan jangan lupa berikan juga

atau juga,,,,,,,,
Menghilangkan guest session di ubuntu
Cara menghilangkan guest session di ubuntu
1. Buka terminal
2. Masuk ke root
$ sudo su
3. Backup dulu file yg ingin kita edit
# cp /etc/lightdm/lightdm.conf /home/user
 yang berwarna merah ganti dengan user masing-masing

4. Edit filenya
# nano /etc/lightdm/lightdm.conf
akan muncul seperti ini :

[SeatDefaults]
greeter-session=unity-greeter
user-session=ubuntu

Diakhir file tambahkan dengan: allow-guest=false
Restart komputer dan guest session sudah hilang.


No comments:

Post a Comment