Pages

Tuesday, February 4, 2014

Temporary Database SQL Server Membengkak


Saya sempet tidak percaya, tiba tiba database sql server tidak bisa menyimpan dengan Errornya Disk Full, setelah saya check ternyata benar,

Saya coba lihat beberapa database yang ada di server  semua sizenya normal.
tambah aneh pikir saya!

Ternyata ... biang keroknya adalah TEMPDB alias Temporary Databasenya nya membengkak.


Bagaimana solusinya :

1. LAkukan Shrink Database dan Shrink File:

shrink database :
Klik kanan pada database -> Tasks ->Shrink -> Database

shrink file:
Klik kanan pada database -> Tasks ->Shrink -> File
catatan ketika shring file : typenya  adalah Log nya bukan filenya.


2. Tambahkan Hardisk pada Server anda , kemudian buat menjadi beberapa drive.

3. Pindahkan Bebarapa Database yang menyatu dengan Directory Root karena temporary database defaultnya ke root directory.
kecuali ana pindahkan path TEMPDB nya. Tapi saya belum pernah coba sih.

4. Search and Drop tabel temporary yang ada pada View and Storeprocedure.

5. Restart service database/server database Secara Berkala agar tempdb nya kembalo kosong.


demikian tips dari saya , semoga bermanfaat.



No comments:

Post a Comment